• Eva farrel

    Selamat sore dok saya mau tanya. Saya kan dulu sempat KB 3 bulan selama 3 X disitu saya enggak cocok karena sebulan haid lebih 1 kali dan saya memutuskan buat lepas KB.

    Dan setelah lepas KB saya tidak haid selama 7 bulan saya sempat divonis kista waktu USG di bidan, lalu saya USG transvagina di RS besar dan saya di kasih obat pelancar haid oleh dokter SPoG.

    Setelah haid saya lancar, saya dan suami memutuskan untuk promil tapi kok lama banget ya dok? padahal waktu hamil anak pertama cepat . 1 bulan setelah menikah saya langsung hamil. terimakasih dok..mohon di bales

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keinginan untuk cepat hamil dan adanya keluhan mens tak teratur. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk terjadi kehamilan maka harus ada pembuahan dimana sel telur bertemu dengan sel sperma. Sel telur tidak selalu dihasilkan oleh wanita tiap saat.

    Sel telur baru diproduksi saat ovulasi yakni kurang lebih 14 hari sebelum haid selanjutnya. Untuk itu untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan maka tiap pasangan perlu tahu kapan waktu ovulasi terjadi pada sang wanita.

    Namun hal ini kadang sulit ditentukan pada wanita yang siklus mensnya tak teratur. Oleh karena itu pada wanita ini, sebaiknya diamati siklus mens dalam rentang 6 bulan terakhir.

    Maka untuk mengetahui kapan ovulasi bisa ditentukan dengan mengurangi siklus mens terpanjang dengan angka 11 dan mengurangi siklus mens terpendek dengan angka 18.

    Misal siklus mens terpendek 28 hari, maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 10 dan jika siklus mens terpanjang 32 hari maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 21.

    Oleh karena itu pada wanita ini ada baiknya melakukan hubungan seks antara hari ke 10 hingga hari ke 21. Hubungan seks sebaiknya dilakukan teratur dalam 2 – 3 hari sekali untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.

    Pasangan juga sebaiknya menjaga pola makannya dan dapat mengkonsumsi suplemen untuk mempersiapkan kehamilan. Wanita bisa mengkonsumsi asam folat dan vitamin E agar dapat menghasilkan sel telur berkualitas yang siap untuk dibuahi.

    Pihak pria juga dapat meminum suplemen mengandung anti oksidan untuk menjaga kualitas dan kuantitas spermanya.

    Ada baiknya juga menghindari konsumsi alkohol, kafein dalam jumlah banyak dan hentikan merokok. Untuk mendapat penjelasan lebih detail ada baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Pengaruh efek samping KB hormonal juga bisa menyebabkan siklus mens dan ovulasi terganggu sehingga menyebabkan kesulitan untuk hamil Untuk memastikannya silakan periksakan langsung kondisi kesehatan anda ke dokter.

    Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Progam Hamil

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.