• Selamat siang, maaf dok saya mau bertanya, kenapa punggung tangan saya tiba-tiba bengkak setelah bangun tidur? Ada titik seperti di gigit serangga, sebelum bengkak saya mengalami alergi “kaligata” (atau bentol-bentol jika suhu udara dingin). Bagaimana cara menyembuhkannya? Mohon bantuannya dok, terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan bengkak pada punggung tangan sebenarnya bisa karena banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan keluhan secara detail dan juga gejala yang menyertai. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan bengkak pada punggung tangan yakni karena:

    • Gigitan binatang bisa menyebabkan keluhan bengkak pada punggung tangan bahkan hingga susah ditekuk. Namun bengkak hanya terjadi pada jaringan lunak kulit saja dan tidak sampai ke tulang ataupun sendi. Biasanya serangga menjadi penyebab tersering.
    • Urtikaria juga bisa menyebabkan bengkak pada punggung tangan. Biasanya akan ditandai dengan keluhan bentol, bengkak dan bisa juga disertai keluhan gatal dan keluhan lainnya.
    • Rhematoid artritis. Penyakit imunologis ini bisa terjadi pada usia muda. Ditandai dengan keluhan nyeri dan ataupun bengkak pada beberapa sendi dan gejala lainnya. Bisa dibantu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium misalnya berupa cek faktor rheuma untuk membantu menentukan diagnosis.
    • Dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Urtikaria | Biduran, Bentol dan Gatal

    Cara Menangani Sengatan atau Gigitan Serangga

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Punggung Tangan Bengkak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.