• Nadyanhay

    Kenapa dok saya setiap setelah tidur dan duduk kemudian berdiri pandangan saya kabur dan kepala saya pusing?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan pusing dan pandangan kabur saat pindah posisi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kemungkinan yang anda alami ketika pusing dan pandangan kabur saat berpindah posisi terjadi akibat tekanan darah yang rendah atau biasa disebut hipotensi ortostatik.

    Yang dimaksud tekanan darah normal adalah <120/80 mmHg. Jika sudah di atas itu maka sudah termasuk dalam tekanan darah tinggi atau hipertensi.

    Untuk hipotensi atau tekanan darah rendah biasanya berada di bawah kisaran 90/60 mmHg. Pada rentang tersebut maka biasanya baru akan menimbulkan keluhan seperti sakit kepala, lemah, berkunang – kunang dan lain sebagainya.

    Tak perlu penanganan khusus untuk menaikkan tekanan darah jika memang tidak ada keluhan berarti. Cukup dengan menjaga pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, banyak konsumsi cairan, istirahat cukup, dan rutin olahraga.

    Namun sebenarnya masih banyak kemungkinan penyebab lain dari keluhan yang anda alami. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Silakan baca artikel berikut untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap:

    Hipotensi – Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pusing Berkepanjangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.