• Seluruh badan saya gatal-gatal panas dan perih kemerahan  seperti luka bakar.. Melepuh bernanah untuk obat dan penawar racun tomket itu bagai mana?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bercak kulit berwarna kemerahah, gatal dan perih. Penyebab keluhan ini ada beberapa hal antara lain karena:

    • Herpes zoster akibat virus herpes zoster. Keluhan yang muncul diawali oleh demam disertai ruam atau bintik – bintik merah pada kulit yang kelamaan bisa berubah menjadi bintik seperti kulit melepuh , yang disertai nyeri pada area sekitar bintik tersebut. Keluhan ini umumnya berlangsung hanya unilateral atau sesisi tubuh saja.
    • Varicella atau cacar air juga bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih. Bintik merah bisa berubah menjadi bintik yang tampak seperti terisi air. Keluhan ini awalnya didahului oleh demam, nyeri sendi dan lain sebagainya.
    • Dermatitis venenata akibat toksin serangga, gigitan serangga, air liur serangga dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih seperti melepuh.
    • Penyebab lainnya

    Jika penyebab keluhan anda adalah karena terkena tomcat maka ada beberapa upaya yang bisa dilakukan antara lain mencuci bersih kulit yang terkena tomcat dengan air mengalir dan dingin. Kemudian kulit yang terkena bisa diberikan krim kortikosteroid untuk meredakan peradangan. Namun jika sudah disertai nanah maka biasanya ada infeksi sekunder yang menyertainya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai. Pengobatan yang diberikan tergantung dari hasil pemeriksaan nantinya.

    Cara Menangani Sengatan atau Gigitan Serangga

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Racun Tomket?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.