• Rohmanzayn

    Maff mau tanya dok. Anak saya awalnya makan nata dengan Coco truz selang berapa lama kayak serak suaranya malam harinya badannya demam batuk berdahak.

    Besoknya suaranya hilang dan mau nelan ludah kayaknya susah.. klo tidur batuk berat /kering langsung nangis air liurnya juga netes banyak… Itu kenapa ya dok kasih obat apa ya?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan batuk. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Bayi dan anak memiliki daya tahan tubuh yang masih belum berkembang sempurna maka tak heran jika makhluk mungil ini rentan terserang penyakit, kebanyakan terjadi karena infeksi. Salah satu keluhan yang sering muncul dan dialami oleh bayi adalah keluhan batuk baik berdahak maupun batuk kering.

    Penyebab keluhan ini pada bayi dan anak antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini pada bayi antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    • Infeksi bakteri menjadi salah satu kemungkinan penyebab tersering. Akibat infeksi bakteri, bayi dan anak akan mengalami batuk. Jika berdahak, maka akan terjadi perubahan warna pada dahaknya. Biasanya disertai keluhan demam.
    • Infeksi virus. Mikroorganisme ini bisa menyebabkan keluhan batuk, pilek hingga demam.
    • Dan lain sebagainya

    Pada kasus anak anda kemungkinan terjadi karena infeksi. Namun mikroorganisme penyebab infeksi sangat banyak sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anak anda.

    Batuk Pada Bayi – Penyebab dan Cara Mengatasi


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Radang Tenggorokan Anak 2 Tahun, Apa Obatnya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.