• Dok, saya ingin bertanya. Umur saya 30 tahun dan saya sering merasa sakit di dada disertai sesak sampai di tenggorokan terasa panas tapi tidak sakit kalau menelan. Kadang muncul tiba-tiba kemudian kambuh bila saya berada di ruangan berAC atau terlalu lama di air. Perut kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, sakit sampai ke belakang punggung, badan terasa lemas, tenggorokan kering disertai keringat dingin di siang hari, telapak tangan dan kaki berkeringat, jadi bagaimana solusinya dok? Apakah penyakit saya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda alami mulai dari sakit di dada disertai sesak hingga tenggorokan terasa panas perut kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, sakit sampai ke belakang punggung, badan terasa lemas, tenggorokan kering disertai keringat dingin di siang hari, telapak tangan dan kaki berkeringat bisa disebabkan oleh satu penyebab yang sama atau bisa juga karena hal lainnya yang tak terkait. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah karena gastroesofageal refluks disease dimana asam lambung yang meningkat mengalami refluks (naik dari lambung ke kerongkongan) sehingga bisa menimbulkan rasa panas di dada, mual, dan lain sebagainya.

    Penyakit ini awalnya berasal dari penyakit dispepsia. Namun jika berkepanjangan maka akan berkembang menjadi GERD. Oleh karena itu, pada pasien dengan dispepsia dan GERD ada baiknya untuk menjaga asupan makanan. Sebaiknya makan dengan porsi kecil namun sering. Hindari makanan yang mengiritasi lambung. Hindari kebiasaan merokok dan alkohol serta sebaiknya hindari stress berlebihan yang bisa mencetuskan peningkatan asam lambung.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang berguna untuk menegakkan diagnosis dari keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyakit GERD : Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Radang Tenggorokan yang Disebabkan oleh Asam Lambung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.