• Selamat pagi dok,

    Saya mau tanya, pada hari Kamis 4 November 2016 anak saya yang berusia 2,5 tahun badannya lemas. Sehingga saya tidak membiarkan anak saya masuk sekolah (PAUD). Kemudian pada hari Jumat, anak saya sekolah, siang sekitar jam 10 saya ditelpon gurunya, katanya anak saya demam 39°C.

    Tengah malam demam anak saya mencapai 40°C. tapi tidak disertai kejang, muntah,flu, batuk dan diare. Mata lesu, nafasnya pada malam hari saat tidur cepat. dan terkadang bunyi grok grok. Saya memutuskan membawanya ke dokter pada hari Sabtu. Kata dokter, anak saya terkena radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus.

    Anak saya diberi obat:

    -isprinol syrup (3x sehari @2ml)

    -imunped(1x sehari @4ml)

    -obat demam saya pakai brufen

     

    Pada hari sabtu,minggu, dan senin anak saya selalu mengalami demam sebagai berikut:

    -setiap pukul 23.00 demam rata rata39°c

    -setiap pukul 07.00 pagi suhu tubuh rata rata 38°c

    Anak saya juga jadi murung, tidak ceria, dan pendiam, tapi nafsu makan tak bermasalah.

    Saya bingung sekali dok, kenapa demamnya selalu muncul di malam hari. Kondisi anak saya pada hari Rabu, mata sudah tidak lesu, masih murung, terakhir demam 39°C semalam pukul 23.00.

    Sebenarnya apakah diagnosa dokter waktu itu benar jika anak saya terkena radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus?

    Atau ada diagnosa penyakit lain?

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celsius. Penyebab demam bisa karena banyak hal, paling sering karena infeksi oleh berbagai macam mikroorganisme. Demam yang berlangsung tinggi mendadak umumnya memang karena virus, namun tidak menutup kemungkinan adanya kuman lain sebagai penyebab. Radang pada tenggorokan memang bisa menjadi salah satu penyebab. Gangguan bisa terjadi pada :

    • Faring. Infeksi pada faring disebut faringitis. Keluhan yang muncul berupa rasa nyeri saat menelan. Pada pemeriksaan fisik diketahui faring tampak kemerahan.
    • Laring bisa mengalami infeksi yang disebut sebagai laringitis. Gejala yang muncul bisa juga  berupa suara serak. Laringitis bisa terjadi bersamaan dengan faring. Dari pemeriksaan fisik, laring akan terlihat kemerahan .
    • Tonsil atau amandel bisa mengalami infeksi dan disebut tonsilitis. Gejala yang muncul juga bisa berupa rasa nyeri saat menelan. Dari pemeriksaan fisik diketahui adanya pembesaran amandel, kemerahan dan lainnya.

    Namun bisa juga keluhan demam tersebut terjadi karena sebab diluar tenggorokan misalnya gangguan di saluran cerna dan masih banyak lagi. Oleh karena itu untuk memastikan apa yang sedang anak anda alami perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Tatalaksana tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tenggorokan Sakit Saat Menelan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Anak Selalu Demam Tinggi pada Malam Hari?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.