• irma Aulia

    <p style=”text-align: left;”>Selamat siang dokter,</p>
    Saya wanita usia 35th, pada tanggal 10 April lalu saya di kuret karena janin tidak berkembang dimana usia kandungan seharusnya sudah 13w tapi ketika di usg janin masih seperti usia 9w. Saya memeriksakan kandungan saya dengan dua dr.spog dan semuanya menyatakan hal yang sama tapi yg anehnya saya tidak pernah mengalami flek ataupun pendarahan sampai saya ke Rumah sakit untuk di kuret.

    Setelah tindakan kuret saya diberi waktu 1 minggu untuk pemulihan dengan minum obat yg diberi sama dokter SpOG sebanyak 3 macam jenis obat diantaranya ada antibiotik. kemudian setelah obat habis disarankan kembali kontrol (USG) untuk melihat apakah rahim sudah bersih atau belum.

    Saya pun kembali USG dan ternyata rahim saya belum bersih masih terdapat gumpalan darah, dan dokter saya kembali memberikan Resep obat untuk sepekan kedepan jenis obatnya Myotonic Methylergometrine  info dari dokter Fungsi obat ini ada 2 kemungkinan bisa darah yg keluar itu banyak sekalia atau darah yang keluar sedikit. Namun beberpa hari Ini Saya minum obat tersebut, darah yg keluarpun tdk banyak. Jadinya saya kepikiran ada apa dengan rahim saya.

    Yang ingin saya tanyakan adalah  :

    1. Apakah ada kemungkinan akan di kuret kembali jika gumpalan darah tersebut masih ada setelah obat saya habis??

    2. Apakah ada pengaruhnya krn diawal saya tidak ada flek/pendarahan?

    Mohon masukannya dokter, agar hati saya lebih tenang mendapatkan pencerahan dari dokter.

    Terima kasih

    –irma–

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang kuretase. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kuretase dilakukan untuk membersihkan hasil pembuahan yang tidak berkembang dalam rahim ibu. Tindakan ini merupakan salah satu tatalaksana terbaik pada wanita yang mengalami keguguran (abortus). Jika setelah kuretase rahim masih belum bersih maka akan diberikan obat untuk membantu menghilangkan gumpalan darah tersebut. Jika setelah diberi obat masih saja terdapat gumpalan darah maka harus dinilai kembali apakah berkurang atau tidak. Jika masih banyak maka tindakan kuretase ulang bisa dilakukan. Keadaan anda saat ini tidak ada pengaruhnya dari keadaan tidak adanya perdarahan atau flek sebelum tindakan kuretase dilakukan. Ada baiknya anda konsultasi ulang ke dokter untuk memastikan kondisi rahim anda pasca pemberian obat.

    Setiap tindakan pengobatan yang dilakukan pasti memiliki risiko, termasuk juga dengan tindakan kuretase. Ada beberapa keluhan yang sering dialami oleh wanita pasca kuret antara lain perut yang tampak buncit, keras atau seperti kram. Namun biasanya gejala ini hanya bersifat sementara saja. Proses pemulihan berbeda tiap individu. Ada yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari atau minggu.

    Kuretase : Kegunaan, Prosedur, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Rahim Belum Bersih Pasca Kuret

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.