• Dok saya mau nanya.. kok saya kalo malam selalu gatal dubur saya dok.. nah trus pagi pagi kuku saya sudah kotor dengan garutan pada dubur pas saya tidur.

    Nah trus pagi pagi pas lagi mandi saya mau BAB pas saya mau cebok ko rasanya perih dan sakit ya dok.. tolong dok kasih penjelasan mengapa ko bisa perih dan sampe sesakit itu dok.. terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama adalah harus dipastikan apa yang menjadi penyebab keluhan gatal pada anus seperti yang anda alami. Rasa gatal pada anus bisa terjadi pada beberapa kondisi misalnya akibat infeksi cacing kremi ataupun infeksi parasit lainnya misalnya skabies, pelebaran pembuluh darah anus pada ambeien juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada anus dan masih banyak lagi. Harus dipastikan penyebab keluhan gatal tersebut sehingga dapat diberi terapi yang sesuai.

    Untuk keluhan perih setelah garukan sebenarnya sangat wajar terjadi akibat luka lecet pada daerah anus pasca garukan. Apalagi jika rasa gatal terjadi pada malam hari saat pasien tidur, maka biasanya pasien secara tidak sadar akan menggaruk pada daerah yang gatal sehingga bagian tersebut menjadi terluka. Jika tidak ada tanda infeksi pada luka bekas garukan maka sebenarnya tak perlu pengobatan khusus karena lama kelamaan luka akan sembuh dengan sendirinya. Namun yang perlu anda hindari adalah kebiasaan menggaruk itu sendiri guna menghindari luka makin berat atau malah membuat luka baru. Jika keluhan berlanjut maka sebaiknya anda memeriksakan kembali ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang sesuai.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Anus (Dubur) Gatal dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Rasa Gatal pada Anus?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.