• Dokter, saya mau bertanya perihal rasa nyeri pada perut yang saya alami hampir seminggu terakhir. paling sering itu pada posisi perut bawah (mendekati bagian kewanitaan), namun terkadang juga terasa pada bagian pusar dan perut atas.

    Rasa nyerinya itu seperti ketika sangat lapar, namun ketika diberi makanan (semisal sebungkus roti) rasa nyerinya hanya hilang sebentar namun muncul lagi. kondisi lain yang mengikutinya adalah ada rasa panas pada tenggorokan seperti ingin muntah.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut bisa disebebkan oleh banyak hal. Berdasarkan informasi yang anda sampaikan dimana rasa nyeri muncul saat anda lapar dan berkurang saat anda makan maka kemungkinan ada kaitannya dengan gangguan pada lambung atau biasa disebut dispepsia. Penyakit ini terjadi karena faktor peningkatan asam lambung. Jika asam lambung mengalami refluks dan naik hingga ke dada maka dapat memberikan keluhan nyeri di bagian dada hingga tenggorokan. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan sehingga menyebabkan perut kosong dalam waktu lama, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

    Sebaiknya anda memperbaiki pola makan anda sehari – hari dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll. Jika keluhan berlanjut atau sering berulang maka ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan diberikan sesuai dengan penyebabnya dan harus melalui pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Kram Perut Bawah, Inilah Penyebab dan Obatnya

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    nyeri perutnya sepanjang waktu dok, bukan hanya pada kondisi lapar. namun rasa nyerinya persis seperti rasa lapar.

Beranda Tanya Dokter Rasa Nyeri pada Perut Dekat Area Kewanitaan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.