• Dok, saya ada keluhan dengan telinga kiri di bagian dalam, Awalnya rasa sakit itu saya kira karena jerawat di sekitar telinga luar karena terjadi pembengkakan.

    Tetapi lama kelamaan rasa sakit hebat muncul di bagian telinga dalam, Saat ini telinga saya seperti tertutup atau seperti saat di tempat yang berangin, biasanya bila saya membuka mulut layaknya saat mengantuk telinga akan terbuka lagi, tapi ini tidak.

    Apa yang terjadi dengan telinga saya dok ? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.tentang sakit telinga.

    Untuk memastikan yang anda alami adalah benar karena adanya gangguan pada telinga dalam atau bukan harus dipastikan dengan pemeriksaan menggunakan otoskop.

    Tidak bisa hanya berdasarkan keluhan nyeri di bagian dalam telinga lalu kita dapat memastikan bahwa terdapat gangguan pada telinga dalam.

    Telinga sendiri dibagi menjadi 3 yakni telinga luar (terdiri dari daun telinga dan liang telinga), telinga tengah (terdiri dari gendang telinga dan tulang – tulang telinga), serta telinga dalam (terdiri dari rumah siput dan lain sebagainya).

    Jika kita memasukkan jari dalam telinga yang kita bisa capai hanyalah bagian luar telinga saja.  Oleh karena itu untuk memastikan kondisi telinga tengah dan dalam perlu alat bantu.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat rasa nyeri di bagian luar telinga dan bagian lainnya yang lebih dalam lagi bisa saja terjadi karena infeksi pada telinga luar atau dalam bahasa kedokteran disebut otitis eksterna.

    Namun tidak menutup kemungkinan juga jika infeksi menjalar ke bagian telinga tengah ataupun dalam. Penyebab infeksi bisa terjadi karena bakteri, virus maupun jamur.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang.

    Pengobatan yang diberikan tergantung penyebab keluhan. Jika karena infeksi bakteri maka dapat diberi antibiotik baik obat minum maupun berupa tetes telinga.

    Namun jika karena jamur maka dapat diberikan antijamur. Bisa juga diberikan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol untuk penghilang nyeri dan obat lainnya.
    Silakan baca artikel berikut:

    Infeksi Telinga : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Rasa Sakit pada Telinga Kiri Bagian Dalam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.