• wahyu adi pratama

    sore dok,

    saya ingin menanyakan bolehkah saya membeli resep obat yang dokter saya berikan itu secara bebas di apotek biasa bukan di rumah sakit. dengan catatan penyakit nya pun membaik seiring waktu.

    resepnya seperti ini:

    1. Paracetamol 650mg

    2. Dionicol 500mg

    3. Zecaneuron multivitamin b1 b6 b12

    4. Bufantacid

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang boleh tidaknya membeli resep dokter di apotek bukan di RS. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada prinsipnya selama anda memegang kertas resep dari dokter maka anda dapat menebusnya di apotek manapun, bukan hanya apotek RS tempat dokter tersebut praktek saja namun juga di apotek luar RS.

    Resep yang anda peroleh ada 4 jenis obat. Berikut akan saya jelaskan kegunaannya masing – masing:

    1. Paracetamol. Obat ini merupakan obat bebas. Sebenarnya dapat anda beli tanpa resep dokter. Guna obat ini sebagai obat penurun demam dan penghilang nyeri.
    2. Dionicol merupakan obat golongan antibiotik yakni dengan nama generik tiamphenicol. Obat ini digunakan untuk membunuh bakteri. Obat ini bukanlah obat simptomatik (obatuntuk menghilangkan keluhan) namun merupakan obat kausatif yang digunakan untuk membunuh kuman penyebab keluhan. Oleh karena itu penggunaan obat ini sebaiknya atas resep dokter dan harus sesuai petunjuk penggunaan.
    3. Zecaneuron merupakan multivitamin yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya.
    4. Bufantacid juga merupakan obat simptomatik yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Digunakan untuk mengatasi gangguan lambung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Resep Obat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.