• Addek

    Permisi dok saya mau tanya, kulit saya ruam kemerahan bentol-bentol seperti biduran, dan di keliling bentol berwarna merah. Sudah minum obat alergi tapi setelah obat habis ruam tumbuh kembali. Obat yang saya minum Loratadine, Methylprednisolone, dan cimetidine.

    Obat tersebut saya dapat dari saran dokter kulit. Lalu apa yang harus saya lakukan ? Dan apakah hal tersebut hanya alergi makanan ?

    Terima kasih..

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gatal dan bentol merah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berdasarkan penjelasan anda dimana ruam berupa bentol merah seperti biduran maka kemungkinan terjadi karena urtikaria. Urtikaria terjadi akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb. Selain itu alergi juga bisa menjadi penyebab. Jika setelah obat diberhentikan keluhan muncul kembali artinya ada faktor pencetus yang masih terus terjadi. Pencetus bisa karena infeksi, makanan, binatang, udara, kosmetik dan masih banyak lagi.

    Ada baiknya anda mengamati apa yang menjadi pencetus keluhan yang anda alami dan usahakan untuk menghindarinya. Anda juga bisa memeriksakan ulang ke dokter jika keluhan berlanjut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Ruam Kulit Muncul Lagi Setelah Obat Habis

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.