• nadia

    Halo dok,

    Saya mau bertanya.

    Anak saya kimi,  3thn.

    Kimi sudah 2 hari demam.

    Hari pertama pagi 2 kimi muntah2 terus disertai diare yang tdk sering. Menjelang malam,  muntah dan diare nya sudah berhenti, tapi suhu tubuhnya naik sampe 38. Saya kasih sanmol. Badan yg panas tidak disertai batuk dan pilek Dok.

    Di hari kedua ruam pun muncul saat sore. Disekitar keher, dada dan punggung.  Seperti ruam pada gejala roseola.

    Demam agak turun setelah 2 hari minum obat.

    Kimi rewel, tidak mau makan, bahkan minum pun seperti Yang sakit nelen.

    Mohon penjelasan nya dok,  apakah ini roseola,  morbili atau DB.

     

    Terimakasih

     

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan demam dan ruam merah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebih tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami.

    Perlu anda ketahui bahwa penyebab demam disertai ruam merah sangat banyak sekali, paling sering karena infeksi. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab demam dan ruam merah antara lain:

    • Roseola merupakan penyakit infeksi virus yang menyebabkan keluhan demam disertai ruam merah. Biasanya demam akan menghilang ketika ruam muncul.
    • Morbili atau campak juga bisa menyebabkan keluhan demam dan ruam merah. Bisa disertai keluhan lain seperti konjungtivitis (mata merah), batuk, pilek, diare.
    • Rubella atau campak jerman juga bisa memberikan keluhan demam dan ruam merah.
    • DBD merupakan penyakit infeksi virus yang menyebabkan keluhan demam dan ruam merah. Biasanya disertai keluhan lain seperti mimisan, dan sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Tidak bisa hanya berdasarkan keluhan yang anda sampaikan lalu bisa ditentukan penyebab pastinya. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Ruam Merah Saat Panas dan Bibir Kemerahan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.