• Assalamu’alaikum. Maaf Dok, saya mau bertanya.

    Usia kandungan saya sudah memasuki bulan ke 3 dan saya melakukan hubungan dengan suami saya. Setelah itu keluar darah berwarna merah terang sedikit, disusul cairan bening keputihan seperti air. Kemudian berubah warna kecoklatan karena bercampur bercak darah yang keluar tersebut.

    Pertanyaan saya dok, apakah kejadian ini berbahaya bagi kehamilan saya? Tolong penjelasannya dokter. Dan saya harus bagaimana? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Keluar flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya. Keluhan flek yang anda alami saat kehamilan muda terjadi karena banyak hal. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    • Flek sering terjadi pada wanita akibat perubahan kadar hormonal yang terjadi pada saat stress psikis, menjalani aktivitas fisik yang berat, kurangnya istirahat hingga gejala pramenopause.
    • Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina
    • Akibat berhubungan saat kehamilan.
    • Penyebab lainnya

    Pada kasus yang anda alami dimana flek terjadi pasca berhubungan bisa saja terjadi karena gesekan yang terlalu kuat. Apalagi saat hamil, suplai darah ke miss v dan leher rahim semakin banyak sehingga jika terjadi gesekan terlalu kuat maka akan mudah terjadi perdarahan. Ada baiknya dilakukan observasi terlebih dahulu sambil melakukan bed rest, menjaga kualitas asupan makanan, dan merilekskan pikiran. Jika keluhan berlanjut segera periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih atas penjelasan dari dokter..!  Saya berharap tidak terjadi masalah serius..karena sempat ada cairan seperti air kencing berwarna bening keputihan dari dalam lubang lahir..!  Untuk saat ini saya hanya menjalani istirahat total.. Karena rumah jauh dari rumah sakit terdekat..! Namun saya akqn mencoba untuk mendapatkan waktu agar saya bisa cek up ke rumah sakit…!  Terima kasih atas bantuan dan penjelasan nya dok..! Wassalam

Beranda Tanya Dokter Apakah Berbahaya Jika Usia Kandungan 3 Bulan Keluar Flek?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.