• Maaf dok, saya ada 2 pertanyaan yaitu:

    1. Akhir-akhir ini saya sering merasakan sakit perut bagian bawah seperti kram, apalagi jika bagian perut ketarik. Sakitnya disertai nyeri punggung dan pinggang dok. Tapi sakitnya tidak terlalu hebat, itu kenapa ya dok?

    2. Ada benjolan di dalam p4yud4r4 saya dok, sekitar 3cm-4cm diameternya dok. Dan itu sudah ada sekitar 3-4 tahun. Kira-kira bahaya tidak dok?

    Terimakasih.

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri perut disertai nyeri pinggang seperti yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Gangguan muskuloskeletal atau gangguan pada otot, tulang ataupun sendi. Biasanya rasa nyeri yang timbul terkait dengan posisi tubuh tertentu.
    2. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut disertai nyeri pada pinggang. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.
    3. Penyakit radang panggul merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan keluhan nyeri perut disertai nyeri pinggang.
    4. Infeksi pada organ reproduksi juga bisa menyebabkan keluhan yang sama.
    5. Penyebab lainnya

    Keluhan benjolan pada payudara bisa terjadi karena banyak hal, yang paling sering adalah karena tumor payudara. Tumor ada yang bersifat jinak (fibroadenoma mammae) dan ada juga yang bersifat ganas (kanker payudara). Dalam forum ini tidak bisa ditentukan bahaya atau tidaknya kondisi yang anda alami karena perlu dilakukan pemeriksaan secara detail. Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Fibroadenoma Mammae : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Bagian Bawah Perut Disertai Nyeri Punggung dan Pinggang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.