• Sore dok.

    Saya mau bertanya?

    Beberapa bulan ini saya mengalami batuk berdarah, darahnya banyak dok darah segar, kambuh  setiap sebulan sekali, ketika batuk tidak sakit, tidak pusing, tidak demam, hanya lemas karena kehilangan banyak darah

    Kira kira kenapa ya dok?

    Terimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang batuk berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Dalam dunia kedokteran batuk berdarah disebut juga dengan istilah hemoptoe. Keluhan ini dapat dialami karena beberapa penyebab antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang menyebabkan antara lain karena batuk yang terlalu sering dan lama, baik karena alergi, rokok, asap di tempat kerja dll.
    • Refleks batuk yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler di saluran napas sehingga menyebabkan keluar darah saat batuk.
    • Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Keganasan paru. Tumor ganas dapat menyebabkan keluhan batuk darah yang bisa disertai keluhan lain berupa sesak napas, penurunan berat badan, dan sebagainya
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Batuk Berdarah, Jangan Anggap Remeh!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Batuk Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.