• Selamat siang dok, saya remaja berusia 18tahun. Setiap bulannya ketika menstruasi datang di hari pertama, saya selalu mendapat serangan sakit yang berlebihan. Rasanya tak tertahankan sampai tidak bisa melakukan apa apa. Hal ini terjadi sejak saya SMP, dua tahun setelah saya pertama kali mendapat menstruasi. Sakitnya datang tiba tiba. Disertai mual, muntah, keringat dingin. Dan kadang tidak tahu tempat. Ketika saya sedang ditempat umum, di mall, dipasar, hingga ketika saya sedang ujian. Namun sakit tersebut berlangsung 2-3 jam saja. Setelah itu hilang seperti tidak terjadi apa apa. Apakah ini normal dok?. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri saat haid. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Ada beberapa keluhan yang sering dialami oleh wanita terkait gangguan menstruasi yaitu antara lain telat haid, haid yang datang terlalu cepat, hingga keluhan nyeri haid. Nyeri haid dalam istilah kedokteran disebut sebagai dismenorea. Keluhan ini sebenarnya merupakan respon normal tubuh asalkan keluhan nyeri  hanya berlangsung ringan dan tidak mengganggu aktivitas sehari – hari. Keluhan nyeri haid biasanya berlangsung mulai dari 1 hari sebelum haid dan berangsur – angsur berkurang pada hari pertama hingga kedua menstruasi. Keluhan ini biasanya terjadi karena kontraksi rahim saat mengeluarkan darah haid.

    Jika keluhan nyeri haid berlangsung sangat hebat hingga membuat pasien tidak bisa beraktivitas, atau bahkan hingga membuat pasien pingsan maka keluhan ini bukan termasuk reaksi normal namun sering karena masalah di organ reproduksi wanita. Ada beberapa penyakit organ reproduksi yang menyebabkan keluhan nyeri haid (dismenorea) yaitu antara lain:

    1. Infeksi pada organ reproduksi
    2. Endometriosis, yaitu penyakit dimana lapisan endometrium yang harusnya hanya ada pada rahim akan tetapi juga tumbuh di luar rahim.
    3. Pelvic inflamatory disease (PID) merupakan penyakit peradangan pada panggul akibat infeksi pada saluran tuba, indung telur ataupun bagian lainnya.
    4. Tumor organ reproduksi misal fibroid ataupun karena kista
    5. Penyebab lainnya

    Untuk memastikannya silakan periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG) agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri seperti kompres perut dengan air hangat, berolahraga, makan makanan yang bergizi dan lain sebagainya.

    Obat Nyeri Haid Hebat dan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu
     

Beranda Tanya Dokter Sakit Berlebihan Saat Haid

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.