• Gugum3G

    Selamat Malam Dok,

    Pada saat mengendarai motor jarak jauh, tangan saya merasa sakit, pegal, dan panas di telapak tangan, sehingga muncul kulit yang keras di sekitar telapak tangan baik tangan kiri atau tangan kanan, padahal saya sudah memakai saruan tangan, adakah obat atau cara mencegahnya dok ?

     

    Terima kasih…

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan tangan sakit, pegal, dan panas akibat menggunakan motor jarak jauh. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan tangan sakit, pegal, dan panas akibat menggunakan motor jarak jauh sering sekali dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal misalnya:

    • Neuritis perifer akibat kebiasaan mengendarai motor jarak jauh dan dalam waktu panjang. Kebiasaan menggenggam setang motor secara terus menerus dan juga adanya faktor getaran yang disebabkan oleh motor yang berjalan bisa mencetuskan gangguan persarafan.
    • Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya neuritis. Neuritis bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada saraf tangan.
    • Kapalan atau timbulnya kalus akibat tekanan terus menerus pada telapak tangan saat mengendarai motor juga dapat menyebabkan keluhan rasa tak nyaman di tangan dan juga telapak terasa keras.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit dan Terasa Panas di Tangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.