• Rosywarianggi

    Pagi dok.saya wanita usia 26 thn.udh beberapa hari ini +-5hari ini sya merasakan nyeri perut di sebelah kiri bawah dan rasanya menusuk ga tahan sampai ke pinggang,paha dan anus(ada ambaian nyut2an).setiap sakit saya minum obat anti nyeri dan hilang terus efek obat habis sakit kambuh lagi.kmrin udh d cek di dokter dn dlkukn usg abdmn,dan dktr yg usg bilang smua keadaan baik.tapi knpa skrng msh sakit aja blom ada perubahan dok setiap sakit sy lngsung minum anti nyeri…kira2 knpa ya dok dngn sakit sya ni

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri perut kiri bawah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kiri bawah seperti yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Infeksi pada organ reproduksi bisa menyebabkan keluhan nyeri pada perut termasuk di bagian perut kiri bawah.
    2. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kiri maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kiri. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.
    3. Infeksi pada saluran cerna.
    4. Tumor atau adanya massa pada saluran cerna.
    5. Gangguan otot misalnya karena kram pada perut kiri bawah juga bisa menyebabkan keluhan yang sama.
    6. Penyakit organ reproduksi misalnya infeksi, tumor, endometriosis dan lainnya.
    7. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Jika setelah pemeriksaan pertama dan diberi obat namun keluhan masih belum teratasi, silakan periksakan ulang ke dokter. Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan organ reproduksi anda dalam keadaan baik.

    Nyeri Perut Kiri Bawah: Penyebab dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit di Bagian Perut Bawah Sebelah Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.