• Zikri

    Assalamualaikum dr.  Saya zikri berumur 24 tahun.  Saya mau bertanya, saya mengalami sakit belakang 2 bulan yang lalu. Pada asal sakit pada bahagian tengah pinggang antara tulang belakang disekitar punggung.

    Selepas beberapa minggu sakit di bahagian itu lega dan kemudian sakit pada bahagian pinggang pinggul sebelah kiri. Sakit bertambah teruk terutama saya duduk terlalu lama dan sakitnya menjalar sampai ke kaki.

    Kaki berasa lenguh, kebas dan tidak selesa terutamanya duduk menyebabkan saya takut untuk duduk.  Apakah yang perlu saya lakukan dan apakah penyakit ini sukar dirawat? Mohon dr beri ulasan

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri punggung. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri punggung sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan nyeri ada yang terasa seperti ditusuk – tusuk dan lain sebagainya. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri punggung, selain terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot namun juga bisa disebabkan karena hal lainnya.

    Berikut akan disampaikan kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain:

    1. Spasme otot punggung
    2. Kelainan bentuk tulang belakang seperti kifosis, lordosis juga bisa menyebabkan keluhan nyeri di bagian punggung belakang.
    3. Pasien dengan berat badan berlebihan (obesitas/ kegemukan) juga menjadi faktor pencetus dan faktor yang memperberat keluhan nyeri punggung belakang.
    4. Hernia nukleosus pulposus atau sering disebut saraf terjepit dalam istilah awam.
    5. Ischialgia atau rasa nyeri pada bagian punggung yang menjalar ke kaki akibat gangguan saraf.
    6. Penyebab lain

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Kenali Penyebab Sakit Punggung Sejak Dini untuk Pengobatan Optimal

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Sakit di Bahagian Punggung Kiri Hingga Ke Kaki.

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.