• maaf dok saya mau tanya.. saya sering sakit perut disebelah kiri bagian bawah. dan terkadang terasa nyeri di bagian punggung dan sedikit sesak. dan sering mual.

    nafsu makan pun menurun. saya coba untuk ke tukang pijat.. dan dibilang ada penyakit di bagian belakang pinggang saya. dan itu meyakinkan saya tidak bisa hamil jika itu tidak diobati.  saya mau tanya apa itu sejenis penykit tumor atau bagai mana dok? mohon penjelasan nya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut di sebelah kiri bawah bisa disebabkan karena beberpa hal. Tidak bisa mendeteksi keluhan yang muncul berasal dari organ atau bagian tubuh yang mana jika hanya atas dasar informasi yang sangat sedikit. Harus dilakukan pemeriksaan fisik yang sesuai dan bahkan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebab pastinya. Apalagi jika langsung mendeteksi keluhan tersebut akibat tumor, maka tidak bisa hanya dengan sebatas informasi sederhana seperti ini. Perlu pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang tepat, misal USG (ultra sonografi) atau pemeriksaan lainnya.

    Sebagai informasi untuk anda, akan saya jelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri pada perut bagian kiri bawah yaitu:

    1. Infeksi pada saluran cerna, misalnya kolon (usus besar). Keluhan infeksi pada kolon bisa menyebabkan keluhan nyeri, yang bisa disertai keluhan lain misal gangguan buang air besar, mual, muntah dan lain sebagainya. Baca: Infeksi Usus
    2. Infeksi pada saluran kemih, misal ureter kiri. Keluhan infeksi pada saluran kemih juga bisa menyebabkan nyeri di perut kiri bawah. Umumnya disertai keluhan lain seperti demam, gangguan buang air kecil , dan lain sebagainya.
    3. Batu saluran kemih. Adanya batu pada saluran kemih bagian kiri misal ureter kiri juga bisa menyebabkan nyeri perut kiri. Umumnya nyeri hilang timbul, namun juga bisa berlangsung terus menerus. Keluhan tersebut juga bisa disertai mual, muntah dan lain sebagainya. Baca: Batu Ginjal
    4. Tumor, baik yang berada di saluran cerna, saluran reproduksi atau organ lain.
    5. Penyakit – penyakit lainnya

    Jadi untuk memastikan silakan anda periksakan langsung ke dokter. Tidak bisa menjustifikasi apakah keluhan anda disebabkan oleh tumor jika tidak dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Apalagi sampai mengatakan tidak bisa hamil dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit di Perut Sebelah Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.