• Assalamualaikum wr.wb.

    Sebelumnya perkenalkan saya Yasin, 25 tahun. Beberapa hari ini saya flu, awalnya saya kira sakit flu biasa.Tapi sudah beberapa hari ini saya konsumsi obat tidak ada perubahan. Bahkan sakit ini baru pertama kali saya alami, flu, pusing, kepala terasa berat, mata terkadang perih serta telinga juga terkadang agak berdengung.

    Kira-kira penyebabnya apa dok? Bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya.

    Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan pusing, pilek, mata perih dan kepala berat bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang paling sering adalah karena infeksi saluran napas. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya. Pada kasus anda perlu dicari tahu mikroorganisme apa yang menjadi penyebab. Jika karena bakteri maka anda perlu mengkonsumsi antibiotik. Jenis antibiotik yang digunakan harus sesuai dengan bakteri penyebab. Namun jika karena virus, penggunaan obat antibiotik tidak diperlukan. Hanya obat simptomatik yang perlu diberikan untuk mengatasi gejala. Namun sistem imun tubuh pasien harus baik agar virus bisa segera hilang.

    Infeksi saluran napas seringkali menyebabkan infeksi pada telinga. Hal ini terjadi karena saluran napas dan telinga saling berhubungan sehingga jika terjadi infeksi saluran napas maka telinga bisa ikut terganggu. Untuk memastikan sejauh apa gangguan pada telinga anda perlu dilakukan pemeriksaan dengan alat otoskop. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri.

    Silakan baca artikel berikut:

    Otitis Media Akut : Gejala, Penyebab, Penatalaksanaan

    Cara Menyembuhkan Pilek/Flu dengan Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Flu Disertai Pusing Sampai Ke Telinga?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.