• Ledyclaudya

    Dok saya mau tanya kmrin saya barusan melakukan tambalan gigi kebetulan gigi saya patah di bagian mahkota giginyaa, kira kira suda sekitaran 9 taun lalu sebelum itu untuk mntupi nya saya pake crown gigi, kira kira 4 taun saya pakai nah pas kemrin crownx saya copot ganti demgan tampalan, setrlah tampal gigi yg di tampal tersebut sakit smpai sya susah makan,, mngkin sya pikir krna proses tapi setelah 2 hati stelah tambal bibir dan muka saya agak bngkak, trus saya minta copotin.Setelah copot kok nga baik bengkak bibir dan muka saya.saya suda minum obat antibiotik, mcm2 tapi kok ngak smbuj malah bibir jadi tambah bengkak. Memamg sih saya punya gigibberlubang bagian bawah 2 gigi paling pojok dan itubjuga memang sakit bersaaman dengan mahkota gigi saya. Kira kira ada solusinya dok? Makasih

    Selamat Malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bibir dan pipi bengkak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bibir dan pipi bengkak sering sekali dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari hal ringan atau karena penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dibahas beberapa kemungkinan penyebab keluhan bibir dan pipi bengkak:

    • Alergi juga bisa menjadi penyebab bibir dan pipi bengkak misalnya alergi terhadap kosmetik tertentu misal lipstik, krim wajah, bedak dan lain sebagainya. Jika kontak terus menerus dengan bahan penyebab alergi maka bibir dan pipi akan semakin bengkak, gatal dan menjadi kering. Selain karena kosmetik, alergi juga bisa karena makanan hingga obat –obatan tertentu.
    • Gigitan binatang juga bisa menyebabkan keluhan bibir dan pipi bengkak. Biasanya gigitan ini tidak disadari karena terjadi saat pasien masih tidur.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Jika karena alergi maka bisa diberikan obat alergi misalnya golongan anti histamin. Selain itu bisa juga diberi obat lain seperti golongan steroid dan obat lainnya untuk meredakan gejala yang muncul.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Gigi dan Bibir Bengkak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.