• Nama saya Firman, umur 21 tahun. Saya mengalami sakit kepala yang berbeda dari biasanya, dan rasanya jauh lebih sakit. Sakit terjadi di sekitar mata, dan terasa seperti ditekan dari dalam. Kadang sakitnya menjalar di sekitar mata seperti pinggir hidung, pipi, gigi, dahi dan sekitarnya. Kadang juga seperti terbakar.

    Sakit ini telah saya rasakan sejak 3 hari dengan jam yang sama di tiap harinya, dimulai setelah pukul 12 siang sedikit demi sedikit, puncaknya sekitar pukul 3 sampai 6 sore, mulai menghilang sekitar pukul 8-9 malam.

    Apakah benar sakit kepala yang saya alami ini merupakan sakit kepala Cluster ? Dan bagaimana cara untuk menanganinya ? Apakah saya harus melakukan CT Scan kepala ? Mohon penjelasannya, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab sakit kepala sangat banyak sekali, bisa karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Sakit kepala merupakan keluhan yang bisa dialami oleh tiap orang tidak kenal usia, penyebabnya sangat beraneka ragam.  Karakteristik nyeri yang dirasakan juga turut membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Cluster headache ditandai rasa nyeri yang terasa tajam seperti ditusuk – tusuk atau terasa terbakar. Waktu mulai dan periode terjadinya cluster headache biasanya sama. Gejala lain yang menyertai antara lain  nyeri di sekitar mata dan dapat menjalar pada area lain di wajah, kepala, leher dan pundak, pasien gelisah, keluar air mata secara berlebihan, mata merah. berkeringat, dan lain sebagainya.

    Penyebab dan faktor risiko keluhan ini antara lain adalah:

    1. Gangguan hormonal
    2. Kelelahan fisik
    3. Tekanan darah yang abnormal baik tekanan darah tinggi maupun rendah
    4. Kebiasaan merokok
    5. Efek makanan atau minuman tertentu, misalnya alkohol dsb.
    6. Penyebab lainnya

    Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Sakit Kepala di Belakang Mata? Ini Penyebab dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Sakit Kepala Cluster?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.