• Ryan_Maulana

    Selamat sore dok.

    Baru-baru ini saya mengalami sakit kepala yang tidak pernah saya alami sebelumnya. Sakit kepala ini telah berlangsung hampir 1 bulan.

    Awalnya kepala saya yang bagian atas dan di sekitar ubun-ubun terasa berat dan saya juga mual dan pusing saat itu. Setelah itu, rasa mual dan pusing nya hilang namun saya mulai merasakan tekanan di bagian atas kepala saya, rasa sakitnya tidak parah hanya saja saya sering merasakan tekanan di daerah itu setiap hari. Saya bisa menunjuk posisi nya dengan tepat dengan menggunakan jari.

    Saya tidak lagi merasakan mual, hanya saja seperti yang telah saya tulis di atas, rasa sakit ringan/tekanan di bagian atas kepala saya tersebut sampai saat ini masih terasa. Kadang rasa sakit itu hilang dengan sendirinya, dan terkadang datang secara tiba-tiba dan setiap hari pasti terasa setidaknya dua kali.

    Kalau sakit kepala saya ini datang saat malam seringkali di iringi dengan kepala bagian atas saya terasa berat khususnya di daerah sekitar ubun-ubun, rasanya seperti ada tangan yang menekan kepala saya dari atas, dan membuat saya susah tidur.

    Kira-kira rasa sakit ringan di tempat yang sama di bagian atas kepala saya ini penyakit apa ya dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang sakit kepala. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Perlu anda ketahui bahwa penyebab keluhan sakit kepala sangat banyak sekali, bisa karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Sakit kepala merupakan keluhan yang bisa dialami oleh tiap orang tidak kenal usia, penyebabnya sangat beraneka ragam. Sakit kepala juga memiliki karakteristik tertentu seperti nyeri berputar, terasa berat, sakit kepala sebelah dan lain sebagainya. Secara umum ada banyak penyebab keluhan sakit kepala yaitu antara lain adalah:

    1. Tekanan darah yang abnormal baik tekanan darah tinggi maupun rendah.
    2. Dehidrasi atau kekurangan cairan.
    3. Penyakit infeksi, mulai dari infeksi di telinga, saluran napas hingga infeksi di bagian otak dan juga batang otak. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari bakteri, hingga mikroorganisme lainnya.
    4. Tumor atau adanya massa di otak dan area sekitarnya.
    5. Penyakit gangguan pembuluh darah misalnya pelebaran pembuluh darah otak hingga adanya sumbatan di otak bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala hebat.
    6. Efek makanan atau minuman tertentu, misalnya alkohol dsb.
    7. Faktor psikosomatis misalnya karena stress.
    8. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Hindari! 13 Penyebab Sering Sakit Kepala

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Ringan di Tempat yang Sama Setiap Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.