• Siang dok, saya mau tanya. Semenjak puasa saya sering mengalami sakit kepala sebelah kiri terkadang sebelah kanan,tapi bagian depannya saja di atas pelipis. Sakitnya seperti dibentur-bentur tembok, tapi terjadi di waktu tertentu dengan waktu yang cukup lama sakitnya. Gejala penyakit apakah itu dok? Bagaimana mengobatinya? Sudah minum obat pereda nyeri tapi masih sakit.   Terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala dengan karakteristik rasa nyeri berdenyut yang terjadi di salah satu area, baik di kepala sebelah kiri maupun sebelah kanan. Pada kasus yang anda alami bisa termasuk dalam gejala migrain. Selain sakit kepala, pasien juga kadang mengeluh mual, muntah, dan sensitifitas berlebihan terhadap rangsangan cahaya dan suara. Secara umum ada banyak penyebab keluhan migrain yaitu antara lain adalah:

    1.       Kelelahan fisik

    2.       Stress berlebihan

    3.       Perubahan hormonal

    4.       Asupan makan yang kurang ataupun kebiasaan telat makan

    5.       Dehidrasi atau kekurangan cairan

    6.       Efek makanan atau minuman tertentu, misalnya alkohol dsb.

    7.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Namun pada umumnya terapi yang diberikan berupa terapi simptomatik untuk mengatasi keluhan yang muncul dengan menggunakan obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, aspirin, ibuprofen dan lain sebagainya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Migrain dan Cara Mengobatinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.