• Halo dokter, Saya ingin bertanya, sekitar seminggu lalu saya mengalami batuk, pilek dan radang tenggorokan. Sekarang sudah sembuh, tapi kenapa saya merasakan nyeri sekitar wajah dan kepala bagian belakang bawah terasa sakit terutama ketika saya  menunduk.

    Ada kalanya rasa sakit di kepala ini nyambung ke daerah sekitar wajah. Apakah ini dampak biasa dari flu atau berhubungan dengan penyakit sinus ya dok? dan obat apa yang baik diminum ketika keadaan seperti ini?

    obat flu atau obat sakit kepala?

    Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri tenggorokan, batuk dan pilek atau juga demam merupakan gejala infeksi saluran napas yang banyak dialami oleh beberapa individu. Penyebab infeksinya bisa karena berbagai macam mikroorganisme baik karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Jika anda mengalami keluhan seperti ini maka ada beberapa organ yang kemungkinan besar mengalami gangguan yakni:

    • Faring. Infeksi pada faring disebut faringitis. Keluhan yang muncul berupa rasa nyeri saat menelan. Pada pemeriksaan fisik diketahui faring tampak kemerahan.
    • Laring bisa mengalami infeksi yang disebut sebagai laringitis. Gejala yang muncul bisa juga  berupa suara serak. Laringitis bisa terjadi bersamaan dengan faring. Dari pemeriksaan fisik, laring akan terlihat kemerahan .
    • Tonsil atau amandel bisa mengalami infeksi dan disebut tonsilitis. Gejala yang muncul juga bisa berupa rasa nyeri saat menelan. Dari pemeriksaan fisik diketahui adanya pembesaran amandel, kemerahan dan lainnya.
    • Sinus yang mengalami infeksi disebut sinusitis. Penyakit ini biasanya diawali oleh keluarnya lendir dari mukosa hidung yang terus menerus saat pilek. Lendir ini dapat masuk ke dalam rongga sinus dan terperangkap di dalamnya. Jika ada bakteri yang ikut serta maka terjadilah sinusitis dengan gejala sakit kepala, demam, nyeri pada area wajah tertentu tergantung sinus yang terkena (misalnya dahi jika infeksi pada sinus frontal, dan lainnya).

    Untuk memastikan apa yang sedang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Tatalaksana tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tenggorokan Sakit Saat Menelan

    Apakah Ini Gejala Sinusitis?

    9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Setelah Flu Apa Obatnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.