• melia

    sore dok, saya mau tanya jam 1 pagi saya BAB encer disertai padat sedikit sedikt lalu jam 4 pagi saya BAB encer lalu jam 6 saya BAB lagi encer tidak disertai yang padat seperti jam 1 pagi. lalu waktu bangun tidur sekitar jam 6an saya merasa sakit perut yang melilit dibagian atas perut. apakah saya maag ? saya langsung minum obat maag dan memang redah sakitnya.

    lalu sebelum mkn siang sempet BAB encer lagi lalu saya minum obat maag. setelah makan siang saya sempat BAB encer lagi sedikit saya minumkan obat china untuk meredakan diare tapi setelah minum obat saya masih BAB encer sedikit.

    yang ingin saya tanyakan bagaimana solusi dan saran dari dokter mengenai kondisi saya? dan apakah ada makanan yang boleh atau tidak boleh saya konsumsi dulu setelah kondisi saya lebih baikan? terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan diare dan sakit maag. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Diare atau buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi tinja berubah menjadi lebih cair merupakan salah satu keluhan yang sering muncul dan dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam kebanyakan terjadi karena infeksi baik karena virus, bakteri atau sebab lainnya. Keluhan diare yang muncul akibat infeksi merupakan salah satu gejala dari penyakit gastroenteritis. Gastroenteritis merupakan infeksi pada lambung dan usus. Gejala tambahan selain diare yang bisa muncul akibat penyakit ini antara lain: kram perut, mual dan muntah, perut kembung, demam, nafsu makan berkurang dan lain sebagainya

    Perut kembung terjadi karena kuman yang mencetuskan diproduksinya gas dalam saluran cerna pasien.  Oleh karena itu untuk mengatasi keluhan kembung sebenarnya yang paling penting adalah dengan mengatasi kuman penyebab. Jika kuman berhasil dihilangkan maka gejala pun akan hilang. Penanganan gastroenteritis yang paling utama adalah dengan terapi rehidrasi, yaitu mengembalikan cairan tubuh yang hilang lewat diare maupun muntah. Selain itu obat-obatan dapat diberikan untuk meringankan gejala seperti antibiotik jika penyebabnya karena bakteri, obat anti mual dan muntah, obat penurun demam dan lain sebagainya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Ingin Tahu Obat Perut Kembung yang Ampuh?

    9 Penyebab Mencret Diare dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Maag dan Diare pada Waktu Bersamaan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.