• Selamat malam dok, saya mau tanya dok apa penyebab mata saya sebelah kiri terasa ada yang mengganjal dan itu saya rasakan pada saat pagi dan malam hari dok, tetapi mata saya tidak merah dan tidak perih, hal itu saya rasakan sudah seminggu dok, mohon bantuannya dok, terima Kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang mata yang terasa mengganjal. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Rasa mengganjal pada mata kerap kali dialami oleh beberapa individu. Sumbernya bisa pada kelopak mata, konjungtiva atau bagian mata lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab mata yang terasa mengganjal tanpa disertai mata merah yakni sebagai berikut:

    • Adanya corpus alienum (benda asing) yang masuk ke mata misalnya pasir atau debu.
    • Kalazion atau infeksi kronik pada kelenjar kelopak mata bisa menyebabkan keluhan rasa mengganjal pada mata. Biasanya terjadi pada kalazion yang ukurannya cukup besar.
    • Infeksi pada konjungtiva atau konjungtivitis juga bisa menyebabkan keluhan rasa tak nyaman pada mata, mata terasa mengganjal dan lain sebagainya. Jika penyebabnya karena virus atau alergi maka tidak disertai keluhan mata merah.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan. Terapi tergantung dari penyebab keluhan sehingga dalam forum ini saya tidak bisa meresepkan jenis obat tertentu pada anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kalazion : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Mata dan Terasa seperti Ada yang Mengganjal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.