• Selamat malam dok. Beberapa hari yang lalu saya mengalami kecelakaan motor. Dada saya terbentur agak keras pada setang motor . Dan mengakibatkan muntah darah. Apakah itu berbahaya dok ? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan muntah darah merupakan salah satu keluhan yang sering ditanyakan dalam forum konsultasi ini. Banyak individu yang mengalami keluhan ini dengan berbagai sebab yang mengiringinya. Keluhan ini pastinya menimbulkan kecemasan bagi individu yang mengalaminya. Untuk mengetahui bahaya atau tidaknya keluhan ini perlu dipastikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya dan perlu dibedakan bahwa yang dialami adalah muntah darah dan bukannya batuk darah. Penyebab muntah darah bisa terjadi karena beberapa hal antara lain:

    1. Gangguan di lambung misal berupa gastritis erosif. Penyakit ini menimbulkan keluhan muntah darah berwarna hitam karena bercampur dengan asam lambung.
    2. Pecahnya pembuluh darah kecil di kerongkongan, misal karena trauma, batuk yang terlalu kuat dan dipaksakan sehingga merangsang refleks muntah dan memicu pecahnya pembuluh darah kapiler di sekitarnya.
    3. Infeksi pada saluran cerna.
    4. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung, baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Selain itu jika memang ada riwayat kecelakaan dan terbentur keras hingga menimbulkan keluhan muntah darah dan lainnya ada baiknya dilakukan pemeriksaan kesehatan secara umum untuk memastikan organ apa saja yang mengalami gangguan. Pengobatan yang diberikan berbeda tergantung dari penyebab.

    Ketahui Penyebab Muntah Darah yang Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Muntah Darah Akibat Dada Terbentur, Apakah Bahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.