• Assalamualaikum, selamat pagi dok saya mau tanya. Baru beberapa hari ini jempol saya sakit apabila ditekuk, mengambil benda yg berat, dan menulis juga sakit. Itu kenapa ya dok? Solusinya apa ya supaya sakit di jempol saya ini hilang? Terima kasih.

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada ibu jari bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga perlu digali secara lebih detail informasi mengenai keluhan tersebut mulai dari apakah terdapat pembengkakan, kemerahan dan keluhan yang menyertai. Hal ini penting untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan tersebut. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri pada ibu jari yakni:

    • Arthritis atau radang pada sendi bisa menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan keluhan nyeri. Penyebab radang bisa karena autoimun hingga karena penumpukan kadar asam urat.
    • Adanya peradangan pada otot di daerah ibu jari.
    • Tringer finger atau kekakuan tendon maupun selubung tendon bisa menyebabkan keluhan nyeri pada jari-jari tangan termasuk pada ibu jari. Sendi jari akan terkunci pada saat melakukan gerakan fleksi (bengkok) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan).
    • Penyebab lainnya

    Penanganan spesifik sebenarnya tergantung dari penyebab keluhannya. Namun secara umum ada beberapa upaya awal yang bisa dilakukan yakni:

    • Istirahatkan ibu jari untuk mengurangi gejala.
    • Konsumsi obatanti inflamasi non steroid  untuk meredakan peradangan dan nyeri

    Silakan periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Piroxicam : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Sakit pada Jempol?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.