• Assalamualaikum,
    Dok saya mau tanya, 4 hari yang lalu saya membersihkan telinga dengan cotton buds, setelah saya korek kok telinga saya rasanya seperti tersumbat, terus saya korek lagi sampai telinga saya jadi sakit.

    Terus kemarin saya ke dokter tapi dokter umum karena dokter THT didaerah saya cm praktek pada hari sabtu. Kata dokter nya enggak ada yang serius nanti juga baik sendiri.

    Saya cm di kasih ibufrofen aja dok. Tapi sampai hari ini telinga saya masih kayak budek sebelah dok. Yang mau saya tanya, perlu enggak dok saya beli obat tetes telinga, kalau iya merk nya apa ya dok.
    terima kasih

    Waalaikumsalam Novita,

    Berdasarkan keluhan-keluhan yang telah anda sampaikan, besar kemungkinan bahwa anda sedang mengalami peradangan pada liang telinga bagian luar. dalam istilah medis kondisi ini disebut sebagai otitis eksterna.

    Peradangan yang terjadi pada liang telinga seringkali diawali oleh adanya trauma atau perlukaan akibat gesekan saat membersihkan telinga, kotoran telinga yang keras dan menumpuk, dan lain-lain.

    Gejala utama otitis eksterna adalah rasa sakit pada telinga, akan terasa lebih sakit apabila anda menggerakkan daun telinga ke atas ataupun ke belakang. gejala lain yang sering muncul adalah penurunan pada sisi telinga yang sakit. hal ini terjadi karena peradangan akan menimbulkan pembengkakan pada liang telinga sehingga mengganggu penghantaran suara.

    Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi radang telinga bagian luar adalah obat pereda rasa nyeri, baik secara oral atau yang diminum ataupun obat tetes telinga.

    Pada kondisi seperti ini janganlah mengorek-orek telinga dan jagalah agar jangan kemasukan air.

    Anda menceritakan bahwa dokter telah memberikan obat ibuprofen yang merupakan obat pereda rasa sakit, namun keluhan tidak kunjung membaik. perlu saya katakan disini bahwa membutuhkan waktu beberapa hari agar telinga itu membaik secara alami.

    Namun demikian, penanganan lain yang mungkin anda butuhkan adalah antibiotik yang berupa obat tetes, serta obat anti peradangan. Namun mohon maaf kami tidak dapat menyebutkan di sini, karena penggunaan obat tersebut harus berdasarkan resep dokter.

    Anda pun berhak untuk pergi ke dokter sebelumnya atau dokter lain sebagai second opinion untuk mendiskusikan masalah ini.

    Sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pada Telinga, Pendengaran Menurun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.