• Dok saya ingin bertanya, akhir akhir ini saya sering buang air kecil tak normal. Bahkan di malam hari saya sampai 2-3 kali terbangun untuk buang air kecil. Kemudian di hari kelima saya datang bulan, perut bagian bawah tengah saya sakit tapi sakitnya tidak menusuk dok seperti tidak enak, dan volume kencing sering dok lebih sering dari sebelumnya, bisa 1 jam sekali sampai 2 jam setengah.

    Kira kira saya sakit apa dok? Apa sebaiknya saya melakukan pemeriksaan ke dokter? Dokter spesialis apa yang harus saya datangi? Terimakasih do.k

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Jika keluhan sering kencing disertai dengan rasa nyeri atau rasa tak lampias pasca berkemih maka ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    • Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan sering kencing dan juga rasa tak puas sehabis berkemih (anyang – anyangan) atau nyeri di daerah supra pubik ( perut di atas kemaluan).
    • Dan lain sebagainya.

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pemeriksaan penunjang yang dianjurkan bisa dengan pemeriksaan urine untuk memastikan ada tidaknya kuman penyebab infeksi saluran kemih atau bisa juga dengan USG untuk memastikan ada tidaknya batu. Pemeriksaan – pemeriksaan ini ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Pengobatan yang diberikan pun tergantung penyebab keluhan tersebut.

    12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Sakit Perut di Bagian Bawah Tengah dan Sering Buang Air Kecil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.