• Dok, saya ingin berkonsultasi

    Saya wanita berumur 24 tahun, saya sudah mengalami sakit pinggang selama 7 bulan ini. Awalnya mulai muncul rasa sakit seperti rasa pegal di pinggang. Tapi anehnya sebelum sakitnya muncul badan saya demam dan menggigil.

    Setelah minum obat penurun panas, demam saya hilang. Tapi lama kelamaan pinggang saya sakit. Saya kira hanya pegal biasa, karena waktu itu saya terlalu lama duduk dalam perjalanan mudik.

    Namun setelah di urut sakitnya tidak kunjung sembuh. Malah bagian pinggang saya waktu seperti bengkak dan jika dipegang terasa panas. Dan dibagian pinggang bawah sebelah kiri ada benjolan. Tidak terasa sakit jika dipegang dan jika ditekan benjolan nya berpindah seperti otot/jaringan.

    Kemudian saya ke klinik dan diberi obat. Namun obat abis timbul rasa sakit lagi. Sakitnya seperti nyut-nyutan tapi nyeri dan menjalar sampai ke paha.

    Saya periksa ke RS, menurut dokter syaraf otot saya hanya kaku dan diberi obat penghilang sakit. Namun sama seperti sebelumnya saat obat habis sakitnya datang lagi.

    Saya ke dokter lagi (RS yang sama tapi dokter yang berbeda), kali ini dokter ini mendiagnosa ada syaraf terjepit. Dan saya dirujuk untuk fisioterapi menggunakan bpjs ke RS tipe B.

    Saya pindah ke RS tipe B, tapi disini dokter kembali hanya memberi saya obat, dan tidak mau melakukan fisioterapi. Di kedatangan yang berikutnya saya agak sedikit memaksa untuk diberikan tindakan lain (karena sudah terlalu bayak obat dan tidak ada perubahan), akhirnya dokter mau menyarankan saya untuk rontgen.

    Dan hasil rontgen menunjukkan tulang saya baik. Tapi sampai saat ini setelah 2 bulan dari kunjungan terakhir saya ke dokter pinggang saya masih sakit.

    Yang saya ingin tanyakan, sebenarnya penyakit saya ini termasuk kategori low back pain (berhubungan dengan syaraf) atau justru ada masalah di tulangnya?

    Karena ketika saya melakukan aktivitas seperti jongkok atau menunduk terkadang seperti ada bunyi ‘tik’ dari bagian tulang punggung bawah saya.

    Saya benar benar bingung harus berobat kemana karena di dua rumah sakit pun tindakan yang dilakukan hanya memberi obat dan tidak ada efeknya bagi penyakit saya Dok,

    Mohon pencerahan nya, termasuk kategori apa penyakit saya dan harus berobat ke dokter spesialis apa..

    Terima kasih..

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang sakit pinggang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri pinggang sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tidak hanya terjadi pada usia tua saja, namun usia muda pun sering mengalaminya. Penyebab keluhan nyeri pinggang ini bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1. Gangguan pada muskuloskeletal. Keluhan yang muncul akibat gangguan muskuloskeletal bisa terjadi karena adanya gangguan pada otot, tulang atau pun sendi. Banyak penyebab atau pun faktor pencetus yang memungkinkan munculnya keluhan nyeri pinggang, salah satunya adalah faktor pekerjaan.
    2. Misalnya seseorang yang sering melakukan aktivitas angkat beban berat ataupun pekerja yang selalu duduk dalam jangka waktu lama setiap harinya sering mengeluh mengalami sakit pinggang. Biasanya keluhan nyeri pinggang berhubungan dengan posisi tubuh tertentu.
    3. Gangguan pada saraf juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pinggang.
    4. Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri pinggang disertai demam, BAK nyeri dan lain sebagainya.
    5. Batu di saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pinggang dan gangguan buang air kecil.
    6. Infeksi saluran cerna juga bisa menyebabkan keluhan nyeri di perut termasuk pinggang disertai keluhan gangguan BAB.
    7. Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter terutama dokter spesialis penyakit dalam atau pun spesialis saraf untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya.

    Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pinggang dan Ada Benjolan di Pinggang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.