• Assalaamu’alaikum Dokter. Istri saya sudah beberapa terahir ini mengerikan rasa sakit di pinggang sebelah kanannya. Terkadang harus dibalur minyak kayu putih atau ditempel logo. Tapi tak kunjung sembuh. Kemudian kami mengunjungi beberapa dokter pun beberapa waktu berikutnya mengeluh sakit lagi hingga kini. Kami telah berumah mangga lebih dr 10 tahun tetapi belum dikaruniai keturunan, apakah hal ini ada kaitannya atau tidak? Mohon penjelasannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal. Perlu digali informasi secara detail mengenai keluhan tersebut mulai dari bagimana rasa nyeri yang muncul, apakah terkait dengan posisi tubuh tertentu rasa nyerinya, apakah hilang timbul dan informasi lainnya. Keluhan ini termasuk keluhan yang sering dialami oleh beberapa individu namun penyebabnya bisa beraneka ragam, seperti:

    • Gangguan pada muskuloskeletal yang bisa terjadi pada otot, tulang ataupun sendi. Banyak penyebab atau pun faktor pencetus yang menstimulus terjadinya keluhan nyeri pinggang, salah satunya adalah faktor pekerjaan misalnya pekerjaan yang terlalu banyak duduk, angkat berat dan lainnya.
    • Infeksi saluran kemih
    • Infeksi pada organ reproduksi wanita
    • Tumor di organ reproduksi
    • PID atau pelvic inflamatory disease
    • Batu di saluran urinaria
    • Dan lain sebagainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan istri anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Sakit Pinggang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pinggang Sebelah Kanan Terasa Cenat Cenut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.