• Selamat malam dok, saya ingin bertanya selama beberapa hari ini kakak saya merasakan nyeri rahang dok, hingga dia susah membuka mulut lebar, susah mengunyah makanan, sakitnya terasa hingga ke telinga dan mata dok , apa obat yang ampuh untuk menyembuhkannya ya dok, mohon bantuannya dok, terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sakit di rahang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat keluhan sakit pada rahang hingga menyebabkan susah untuk mengunyah dan membuka mulut lebar biasanya terjadi karena adanya dislokasi pada temporo – mandibular junction atau sendi temporoman di bular.

    Sendi ini berfungsi untuk menghubungkan bagian rahang dan juga daerah pelipis sehingga jika sendi ini terganggu maka akan menyebabkan pasien kesulitan untuk membuka mulutnya baik untuk makan, menguap, mengunyah dan lain sebagainya.

    Faktor pencetus keluhan ini adalah karena menguap terlalu lebar, kebiasaan mengunyah di satu sisi dan lainnya sehingga menyebabkan persambungan pada sendi ini menjadi bergeser.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama dokter gigi spesialis bedah mulut.

    Jika benar karena dislokasi sendi temporoman di bular maka upaya pertama yang bisa dilakukan adalah memperbaiki letak sendi yang bergeser tersebut, kemudian pasien juga dilarang untuk menguap terlalu lebar atau pun berbicara terlalu lama.

    Selain itu disarankan juga agar pasien makan makanan yang lembut untuk menghindari sendi ini bekerja terlalu keras. Untuk penanganan lebih lanjut silakan segera periksa kan kondisi anda ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Bunyi Klik dan Sakit Saat Membuka Rahang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Rahang Terasa Hingga Telinga dan Mata

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.