• Dokter, siang ini mendadak terasa agak nyeri saat saya buang air kecil dan tidak lancar. Semakin malam semakin tidak lancar. Saat mulai berkemih tidak sakit tetapi saat hampir selesai terasa nyeri di bagian atas selangkangan

    Saya sudah ke klinik dan dokter meresepkan nephrolit, starquin dan metisol. Semua obat tersebut sudah dikonsumsi masing masing satu butir dan minum air putih sedikit tapi sering. Namun, kenapa sampai saat ini saya masih tetap sering berkemih dan masih terasa sakit saat hampir selesai? Apa saya harus menunggu sebentar lagi? Saya minum obat pukul 9 malam atau sebaiknya saya ke RS?

    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyari saat buang air kemih ataupun keluhan sering kencing sering ditanyakan dalam forum konsultasi ini. Keluhan nyeri saat buang air kemih bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab tersering keluhan ini yaitu antara lain:

    • Infeksi saluran kemih. Keluhan nyeri buang air kemih disertai keluhan kencing berulang  sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Keluhan yang muncul akibat infeksi saluran kemih antara lain nyeri di suprapubik( nyeri di perut bagian atas kemaluan), anyang – anyangan atau rasa tidak puas sehabis kencing, bolak balik kencing, air kemih kadang berubah warna menjadi kekeruhan atau malah berwarna merah (BAK bercampur darah), keluhan demam, dan masih banyak lagi keluhan lain yang mungkin menyertai. Perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan urine untuk memastikan ada tidaknya kuman dalam urine.
    • Batu saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri suprapubik disertai keluhan nyeri saat kencing, keluhan kencing berulang dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen ataupun USG untuk memastikan ada tidaknya batu saluran kemih.

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Berhubung anda sudah memeriksakan diri ke dokter dan sudah diberikan pengobatan maka alangkah baiknya anda mengkonsumsi hingga habis obat tersebut. Jika obat habis namun belum ada perubahan sebaiknya konsultasi ulang ke dokter.

    Sakit Kencing (Buang Air Kecil)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Buang Air Kecil Sakit, Bagaimana Mengatasinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.