• Aditya algan

    Dokter, saya mau tanya tentang nyeri di rahim seperti haid, padahal sudah selesai haid, 5 hari yang lalu dan mengeluarkan darah (flek) warna coklat, saya sudah mengalaminya 2 hari dan keram sampai bagian kaki kiri, saya sakit apa dok dan bagaimana mengobatinya.

    Itu saja yang ingin saya sampaikan Sekian dan terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang nyeri rahim. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan riwayat yang anda sampaikan mungkin maksud anda adalah nyeri di perut. Karena kita sendiri tidak bisa melokalisir apakah rasa nyeri ada pada rahim ataukah organ dalam lainnya. Keluhan nyeri perut sangat umum dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus. Lokasi nyeri pun berbeda – beda. Sayangnya anda tidak menjelaskan secara detail informasi terkait keluhan anda.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri perut yaitu antara lain:

    1. Gastroenteritis yakni infeksi pada lambung dan usus bisa menyebabkan keluhan nyeri perut. Biasanya disertai keluhan lain seperti diare dan sebagainya.
    2. Infeksi pada kandung empedu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut. Umumnya disertai mual, muntah, kadang juga bisa demam. Keluhan ini tercetus setelah banyak makan makanan mengandung lemak
    3. Infeksi pada hati (hepatitis) juga bisa menyebabkan keluhan pada hati dengan keluhan lainnya bisa berupa demam, mual dll.
    4. Dispesia atau gangguan lambung akibat asam lambung meningkat juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada perut terutama di bagian kiri atas.
    5. Infeksi pada organ reproduksi
    6. Endometriosis atau penebalan dinding rahim
    7. Tumor pada uterus (rahim) baik jinak maupun ganas
    8. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Cara Mengatasi Nyeri Haid Akibat Endometriosis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit seperti Haid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.