• Esa

    Selamat malam.

    Saya mau bertanya,

    Tadi pagi tangan saya tidak sengaja menekan tembok, dan rasanya seperti tersengat listrik sebentar. Terus saya tekan lagi, ternyata sakit sekali. Tapi jika tidak dipegang ya tidak sakit.

    Apa penyebabnya ya dok? Atau karna saya seharian tadi mengetik. Biasanya saya mengetik tapi tidak selama tadi. Hampir seharian soalnya. Solusinya apa ya dok?

     

    Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan rasa tak nyaman di tangan seperti tersengat listrik. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Rasa seperti tersengat listrik pada tangan bisa terjadi karena beberapa hal misalnya:

    • Faktor pekerjaan yang banyak menggunakan tangan terutama bagian jari manis dan kelingking sebagai bagian terberat yang mendapat tekanan bisa menyebabkan neuritis perifer. Contohnya saja akibat mengetik, menggambar, mencuci dengan tangan, memasak dan lain sebagainya.
    • Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya neuritis. Neuritis bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada saraf ulnaris.
    • Adanya benturan pada saraf di tangan juga bisa menyebabkan keluhan seperti tersengat listrik
    • Penyakit infeksi seperti kusta juga bisa menyebabkan gangguan saraf termasuk saraf di tangan.
    • Penyebab lainnya
      Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail keluhan yang anda alami. Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telapak Tangan dan Kelingking Kiri Kesemutan, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Tangan Seperti Tersengat Listrik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.