• Tiara Dian

    ass wr.wb

    Dok, saya ingin bertanya. beberapa minggu lalu saya mengalami infeksi pada telinga, telinga saya rasanya sakit dan seperti tertutup dalam 3 hari telinga saya tidak sakit lagi tapi seminggu kemudian saya mengalami pembengkakan leher di kanan.

    Ukurannya kecil, lentur, dan tidak terasa sakit. sudah sebulan ini mengalami pembengkakan dan tidak membesar juga tapi tidak mengecil juga. apakah itu KGB? apakah itu berbahaya? apa yang harus saya lakukan?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak di leher. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Benglal di leher bisa terjadi karena beberapa hal, paling sering adalah karena gangguan di kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa karena infeksi atau tumor. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Sumber infeksinya bisa pada kelenjar itu sendiri atau berasal dari organ lain misalnya infeksi saluran napas atas hingga infeksi telinga sepert yang anda alami sebelumnya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor kelenjar getah bening atau tumor pada jaringan lunak lainnya misalnya tumor yang berasal dari lapisan lemak.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Telinga dan Bengkak Leher

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.