• Pagi Dok, aku mau tanya, sy wanita umur 25 thn. 5 tahun belakangan ini sy sering mengalami sakit tenggorokan sebelah kanan dekat dengan pangkal lidah.. dalam setahun 3-4 kali kambuh.. tenggorokan terasa perih saat menelan makanan, minuman, atau ludah.. sakit tenggorakan ini tidak disertai flu, sakit kepala, batuk, atau demam..

    Lalu 2 tahun terakhir ini sy juga sering mengalami sakit telinga sebelah kanan.. dalam setahun bisa 3-4 kali.. saat kambuh bisa berhari-hari.. untuk menunduk atau menoleh akan terasa sakit sekali, seperti ada yg tertarik dari dalam telinga sampai ke leher bagian atas dekat telinga.. biasanya sakit telinga ini kambuh saat saya kecapekan.. untuk sakit telinga ini sy pernah 2x berkonsultasi ke 2 dokter THT yg berbeda.. dokter pertama memberikan resep berupa garamycin gel dan dokter kedua memberikan resep albiotin 300, garamycin krim, dan obat pereda nyeri (ponstan).. telinga kanan saya kadang-kadang masih tetap kambuh (walau tidak sesering dulu sebelum minum obat) dan skrg sy tidak mengkonsumsi obat lg..

    Yg ingin sy tanyakan dok, apakah sakit tenggorokan yg saya derita ada hubungannya/berkaitan dengan sakit telinga sy dok? (sakit tenggorokan dan telinga saya tidak pernah kambuh secara bersamaan)

    Apa penyebab sakit tenggorokan dan telinga saya ini dok? Dan bagaimana cara penyembuhannya?

    Terima kasih, sy tunggu jawabannya dok..

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebabnya nyeri tenggorokan beraneka ragam, paling sering terkait dengan infeksi baik karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Nyeri tenggorokan bisa terjadi karena gangguan pada beberapa bagian organ di rongga mulut seperti:

    1. Faring. Infeksi pada faring disebut faringitis. Keluhan yang muncul berupa rasa nyeri saat menelan. Pada pemeriksaan fisik diketahui faring tampak kemerahan.
    2. Laring bisa mengalami infeksi yang disebut sebagai laringitis. Gejala yang muncul bisa juga  berupa suara serak. Laringitis bisa terjadi bersamaan dengan faring. Dari pemeriksaan fisik, laring akan terlihat kemerahan .
    3. Tonsil atau amandel bisa mengalami infeksi dan disebut tonsilitis. Gejala yang muncul juga bisa berupa rasa nyeri saat menelan. Dari pemeriksaan fisik diketahui adanya pembesaran amandel, kemerahan dan lainnya.

    Penyakit – penyakit di atas biasanya terkait dengan daya tahan tubuh pasien yang menurun, kebiasaan makan makanan yang kurang bersih, kurang asupan cairan, merokok, dan lain sebagainya. Gangguan pada tenggorokan ini bisa menyebabkan penjalaran ke telinga sehingga tak heran jika keluhan ini sering berulang maka keluhan telinga juga sering juga muncul. Hal ini terjadi karena saluran tenggorokan dan telinga saling berhubungan. Pertama – tama harus dipastikan penyebab keluhan anda dengan melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Setelah itu baru bisa ditentukan pengobatan yang sesuai.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tenggorokan Sakit Saat Menelan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    aku mau info untuk

    Diagnosis Doker 1:
    kemungkinan terjadi luka karena dulu seringnya pemakain cottonbud, sehingga terjadi luka saat gesekan cuttonbud dan telinga. dan luka kecil tersebut terbuka karena pakai headset dan terkena debu. dan telinga sebenarnya tidak ada masalah cuma radang aja

    Diagnosis Doker 2:
    kemungkinan infeksi di saluran telinga atau ada masalah sama tulang rawan telinga, di dalam daun telinga dekat tulang rawan ada luka gt dok

     

    kira2 kenapa ya ? jadi seram kl ada apa2 sama telinga saya :(

Beranda Tanya Dokter Sakit Tenggorokan dan Telinga Sebelah Kanan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.