• Dok saya mau bertanya, saya seorang olahragawan karateka. Saya pernah cedera di tulang belakang akibat tendangan yang sangat keras dan saya pernah dikeroyok. Saya diinjak bagian punggung sampai ada benjolan besar di punggung. Hanya dilakukan pengobatan secara tradisional yaitu ke tukang urut biasa, tetapi lama kelamaan sakitnya sering kambuh.

    Gejala yang saya rasakan antara lain:

    • Ketika menarik nafas panjang, di bagian tulang belakang saya bersuara seperti di renggangkan
    • Sering sesak atau sakit di bagian dada
    • Ketika berolahraga berat, saya sering sesak nafas seperti di belenggu dan di peluk sangat erat dan sakit di bagian punggung tengah

    Saya pernah memeriksakan diri, namun hasil ronsen  menunjukkan tidak ada hal yang mencurigakan. Bagaimana menyembuhkannya dok? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri pada punggung atau low back pain bisa terjadi karena beberapa kondisi misalnya saja karena trauma atau benturan keras pada punggung seperti yang anda alami. Selain itu pekerjaan atau kegiatan angkat berat, duduk terlalu lama dan lain sebagainya juga bisa menyebabkan keluhan nyeri punggung. Adanya benjolan pada punggung anda sebenarnya harus dipastikan penyebabnya apakah itu merupakan tulang, ataukah jaringan lunak yang menonjol. Sebaiknya memang tidak dilakukan tindakan pemijatan pada daerah tersebut karena bukannya menyembuhkan namun kebanyakan malah akan memperberat kondisi pasien.

    Pertama – tama yang harus anda lakukan saat ini adalah memeriksakan ulang kondisi kesehatan anda ke dokter karena keluhan yang anda alami bisa terjadi karena berbagai macam sebab. Pemeriksaan penunjang biasanya dibutuhkan untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan. Pemeriksaan rontgen tidak bisa digunakan untuk melihat semua struktur tubuh anda dengan jelas sehingga butuh pemeriksaan lainnya yang lebih sesuai seperti CT-scan atau jika perlu dengan MRI. Oleh karena itu silakan periksakan ulang ke dokter kondisi kesehatan anda terutama dengan dokter spesialis saraf.

    Pengobatan yang diakukan tergantung dari penyebab keluhan mulai dari pemberian obat penghilang nyeri hingga fisioterapi dan pembedahan juga bisa dilakukan jika seluruh upaya pengobatan medikamentosa dan fisioterapi tak membuahkan hasil.

    HNP (Saraf Terjepit) – Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Kenali Penyebab Sakit Punggung Sejak Dini untuk Pengobatan Optimal

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menyembuhkan Sakit Tulang Belakang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.