• hari setyawan

    Malam dok. Saya merasakan sakit ini untuk yang ke 2 kalinya. Dan pada saat berdiri, jatuh akibat nyeri(sakit) pada tulang belakang yang sangat sakit sekali. Tindakan apa yang harus dilakukan, jika sering kambuh kembali?. Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri pada tulang belakang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri pada bagian punggung atau pada tulang belakang bisa terjadi karena beberapa kondisi misalnya saja karena riwayat trauma atau benturan keras pada punggung.

    Selain itu pekerjaan atau kegiatan angkat berat, duduk terlalu lama, saraf terjepit atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai hernia nukleosus pulposus (HNP), kelainan tulang belakang juga bisa menyebabkan keluhan nyeri punggung.

    Sebenarnya masih banyak kemungkinan – kemungkinan lainnya yang menyebabkan keluhan nyeri pada tulang belakang. Namun perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebabnya.

    Pertama – tama yang harus anda lakukan saat ini adalah memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter karena keluhan yang anda alami bisa terjadi karena berbagai macam sebab.

    Pemeriksaan penunjang biasanya dibutuhkan untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan. Pemeriksaan rontgen ataupun pemeriksaan lainnya yang lebih sesuai seperti CT-scan atau jika perlu dengan MRI bisa dilakukan untuk membantu mengidentifikasi gangguan.

    Oleh karena itu silakan periksa kan ulang ke dokter kondisi kesehatan anda terutama dengan dokter spesialis saraf.

    Pengobatan yang di lakukan tergantung dari penyebab keluhan mulai dari pemberian obat penghilang nyeri hingga fisioterapi dan pembedahan juga bisa dilakukan jika seluruh upaya pengobatan medikamentosa dan fisioterapi tak membuahkan hasil.

    HNP (Saraf Terjepit) – Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Kenali Penyebab Sakit Punggung Sejak Dini untuk Pengobatan Optimal

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Tulang Belakang Bagai Mana Menyembuhkan Nya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.