• Almah

    Assalamualaikum, permisi dokter saya wanita berusia 20 tahun, tahun lalu sekitar bulan 6 saya ditabrak mobil pas pinggang bagian kiri yang ditabrak, nah setelah melalui perawatan selama 6 hari dirumah sakit saya diperbolehkan untuk kembali kerumah.

    Singkat cerita dok, sampai sekarang saya masih sering merasakan sakit dibagian tulang belakang khususnya dibagian tulang ekor, sebelum kecelakaanpun sakit itu memang sudah ada tapi saat ini kok menurut saya tambah parah yah dok, bahkan sekitar seminggu yang lalu pas saya BAB ada darah dok.

    Apa termasuk ciri ciri saya mengidap suatu penyakit dok ?

    Mohon jawabannya dokter, jujur ini sangat mengganggu saya.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri pada tulang ekor. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Nyeri pada tulang ekor biasanya terasa tumpul (tak terlalu menonjol rasa nyerinya) namun lama kelamaan nyeri akan makin terasa tajam selama aktivitas – aktivitas tertentu, misalnya duduk, beralih dari posisi duduk ke posisi berdiri, ataupun saat berdiri lama. Saat buang air besar ataupun saat berhubungan seks juga kadang menyebabkan rasa nyeri pada tulang ekor. Untuk wanita, nyeri pada tulang ekor bisa membuat menstruasi menjadi tak nyaman.

    Nyeri pada tulang ekor dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai coccydynia atau coccygodynia biasanya disebabkan karena trauma, duduk terlalu lama di tempat yang keras, perubahan sendi karena faktor degeneratif (penuaan),  ataupun karena persalinan normal melalui vagina. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan ulang ke dokter.

    Nyeri pada tulang ekor umumnya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu hingga bulan. Untuk mengurangi rasa nyeri ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

    1. Usahakan bersandar saat duduk sehingga tulang ekor tidak terlalu berat menopang berat badan
    2. Duduk di bantal donat sehingga tidak ada penekanan pada tulang ekor yang membuatnya makin nyeri.
    3. Beri kompres dingin dan hangat pada area yang nyeri
    4. Konsumsi obat penghilang nyeri juga bisa dilakukan misal dengan meminum paracetamol, asam mefenamat, dan lain sebagainya.
    5. Fisioterapi
    6. Pembedahan juga bisa dilakukan jika seluruh upaya pengobatan medikamentosa dan fisioterapi tak membuahkan hasil.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Tulang Belakang Bagian Ekor Pasca Trauma

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.