• dok saya mau tanya. pacar saya kena saraf ke jepit di paha dekat pantat  sudah hampir 9 bulan. berobat terapi sudah sampai dia bosan dan memutuskan untuk terapi kepada orang yang bisa  pijat dok.

    sedangkan yang saya tau kalau saraf ke jepit itu enggak boleh  di pijat dia merasa aga baikan kakinya dok. itu bagaimana ya ? dan bagaimana cara mengobati nya dengan baik tanpa harus ke rumah sakit . terimakasih dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Saraf terjepit biasa digunakan untuk penyakit hernia nukleosus pulposus atau disingkat sebagai HNP. Faktor pencetus keluhan ini antara lain karena faktor usia, mengangkat beban berat, dan lain sebagainya. Gejala yang muncul karena keluhan ini berupa nyeri punggung bawah yang bisa menjalar hingga ke kaki, rasa kesemutan atau bahkan jika memberat dapat menyebabkan pasien menjadi tidak bisa berjalan. Untuk memastikan diagnosis HNP harus dilakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pada kasus yang teman anda alami apakah anda yakin karena saraf terjepit karena HNP atau karena sebab lainnya. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan serangkaian pemeriksaan mengingat banyaknya keluhan lain dengan gejala yang hampir sama.

    Jika memang penyebab keluhan teman anda memang benar karena HNP memang tidak boleh dilakukan pemijatan terutama pada tulang punggung. Hal ini karena akan memperberat keluhan. HNP bisa diatasi dengan pemberian obat penghilang nyeri dan juga tindakan pembedahan jika memang diperlukan. Untuk itu sebaiknya periksakan kembali kondisi teman anda ke dokter terutama dokter spesialis saraf.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    HNP (Saraf Terjepit) – Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Saraf Kejepit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.