• Rinamaul

    Selamat malam dok, saya mahasiswa  berumur 18 tahun. Saya ingin bertanya seputar sariawan. Pada hari jumat (4 hari lalu) sekitar mulut saya sakit. Dan saat saya lihat dengan bantuan senter ternyata ada 5-6 sariwan di bawah lidah saya. Lalu hari sabtu pagi sariawannya bertambah 1 di dekat tenggorokan atau dekat amandel.

    Pada hari minggu pagi karena tenggorokan saya terasa kering, saya minum larutan satu botol. saya sempat demam dan malamnya tidak makan nasi karena terasa sakit kalau menelan sesuatu, akhirnya saya hanya makan 1 buah pear.

    Lalu hari ini (senin) saya sudah bisa makan beberapa makanan dan tidak terlalu sakit. Tapi di gusi kanan bagian belakang bertambah satu sariawannya dok. Waktu saya berumur 16 tahun saya juga mengalami hal serupa. Jadi saya mohon penjelannya dok karena saya khawatir.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sariawan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sariawan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai stomatitis merupakan suatu peradangan (inflamasi) pada mukosa mulut. Penyebab sariawan beraneka ragam mulai dari daya tahan tubuh yang menurun, kekurangan nutrisi (seperti vitamin B12, zat besi, dan asam folat), kebiasaan merokok, akibat trauma atau benturan misalnya akibat terbentur sikat gigi dan lain sebagainya. Selain itu kebersihan mulut yang tidak terjaga misalnya banyak gigi yang berlubang (karies dentis), banyaknya karang gigi juga bisa menjadi faktor pencetus keluhan sariawan yang berulang.

    Oleh karena itu perlu dicari tahu apa yang menjadi penyebab keluhan anda. Ada baiknya pasien diperiksakan langsung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara lebih detail. Jika memang karena kebersihan mulut yang tak terjaga maka sebaiknya dilakukan perawatan pada rongga mulut anda misalnya dengan menambal gigi berlubang, membersihkan karang gigi, dan rajin menggosok gigi. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah – buahan. Selain itu bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok maka sebaiknya dikurangi atau kalau bisa dihentikan. Obat oles untuk mengatasi sariawan juga bisa diberikan misalnya GOM, atau golongan steroid topikal. Namun jika keluhan sangat sering sekali berulang maka ada baiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu untuk memastikan penyebab keluhan tersebut.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Sariawan pada Anak dan Obatnya

    Obat Sariawan Terbukti Paling Ampuh

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sariawan Banyak di Bawah Lidah dan Sekitar Tenggorokan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.