• Dokter saya terkena sariawan pada gusi dan setelah beberapa hari gusi di samping yang terkena sariawan menjadi kuning. Apa itu wajar dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sariawan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai stomatitis merupakan suatu peradangan (inflamasi) pada mukosa mulut. Penyebab sariawan beraneka ragam mulai dari daya tahan tubuh yang menurun, kekurangan nutrisi (seperti vitamin B12, zat besi, dan asam folat), kebiasaan merokok, akibat trauma atau benturan misalnya akibat terbentur sikat gigi dan lain sebagainya. Selain itu kebersihan mulut yang tidak terjaga misalnya banyak gigi yang berlubang (karies dentis), banyaknya karang gigi juga bisa menjadi faktor pencetus keluhan sariawan yang berulang.

    Sariawan dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis yang paling sering terjadi adalah stomatitis aphtosa dengan gejala luka sariawan berwarna pucat atau kekuningan serta bagian pinggirnya berwarna kemerahan. Gusi di sekitar sariawan berwarna kuning bisa terjadi karena adanya reaksi peradangan yang terjadi pada daerah tersebut atau karena sebab lainnya. Sayangnya anda kurang mendeskripsikan bagaimana gambaran klinis di daerah tersebut. Untuk memastikan penyebab keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Jenis-Jenis Sariawan dan Penyebabnya

    Obat Sariawan Terbukti Paling Ampuh

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Normal Jika Gusi Berwarna Kuning Setelah Sariawan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.