• anjisiouz

    Assalamualaikum, hallo dok kenalin nama panggilan saya anjis.  saya seorang mahasiswa semester 2 menginjak 3 saya mau nanya tentang penyakit yang diderita temen saya ,awalnya itu waktu ujian dia tiba tiba sakit awalnya kami menduga karena kelelahan akibat belajar soalnya dia belajar sama malem dan diluar kos karena didalam kos berisik banyak orang dan susah berkonsentrasi, tiba tiba dia wa saya gak bisa ikut ujian awalnya mah dia bilang cuma meriang terus esok hari nya kuliah badan nya lemes, pucat dan panas tapi dia bilang gk papa katanya.

    Ahkirnya pas hari terahkir di jemput bapaknya dan udah keluar masuk rumah sakit 3 kali karena kambuh, ketika saya tanya dia gak mau ngasih tau sakit apa , saya begitu penasan tentang sakitnya, ketika chatingan sama saya dia curhat.

    Nah mengambil beberpa gejala yang dia ceritakan, karena saya nyari sakit apa yang dia derita di internet tapi tidak menemukan scra pasti makanya saya tanya apakah teman saya sakit jantung atau semacamnya seperti jantung bocor berikut ini adalah ciri/tanda yg dia ceritain ke saya yaitu dilarang makan buah, katanya pas pulang dari RS sudah dirumah dia makan buah pisang sama kelengkeng terus badannya terasa panas dan terbakar ,cuma dikasih makan nasi tim kuah dan beraneka ragam kukis yg tidak berasa. Menggunakan selang pada saat di rawat(mungkin susah bernafas dianya dok), katanya awalnya udah ada pemeriksaan darah, rontgen, usg. Tidak bisa BAB. Minum apa saja muntah . Bedan terasa panas dan lemas

    Itu adalah tanda dari sakit yang diderita teman saya dok ,semoga bisa memberikan penjelasan tentang sakit yang diderita teman saya soalnya dia gak mau ngasih tau ke Saya, atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih banyak

    Wassalamualaikum warahmtullahi wabararokatuh

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan muntah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya diagnosis penyakit pasien merupakan hal yang bersifat rahasia dan menjadi hak pasien untuk merahasiakannya. Bahkan dokter sekalipun tidak bisa menjelaskan kepada keluarga jika pasien tidak menghendakinya, apalagi pada pihak lain yang tidak berkepentingan. Sebagai informasi untuk anda secara umum keluhan mual – mual dan muntah sering dialami oleh beberapa individu. Sebenarnya banyak penyebab keluhan ini sehingga perlu digali bagaimana karakteristik keluhan tersebut seperti sejak kapan keluhan dirasakan, faktor yang mencetuskan timbulnya keluhan, faktor yang meringankan dan memperberat keluhan hingga gejala yang menyertainya.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan mual dan muntah yaitu:

    • Dispepsia atau gangguan lambung yang muncul akibat asam lambung yang meningkat. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna seperti gastroenteritis juga bisa menyebabkan keluhan mual dan muntah. Biasanya terdapat keluhan demam, bab mencret dan lain sebagainya.
    • Typus abdominalis juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan berupa mual dan muntah. Keluhan demam menjadi keluhan yang umum terjadi pada penyakit ini.
    • Penyebab lainnya

    Mual – Mual dan Muntah Saat Bangun Tidur

    Penyebab Mual Muntah dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seperti Apa Ciri-ciri Penyakit yang Serius seperti Jantung?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.