• Saya hamil 1 bulan lewat 5-10 hari dok. Lalu saya jam 6 lihat ada bekas titik darah di celana dalam,lalu jam 12 perut saya sakit sekali sehingga tidur dengan posisi apapun menambah sakit perut.

    Lalu saya ke kamar mandi dan lihat ada gumpalan darah gelap lumayan banyak pada underwear saya ditambah dengan gumpalan putih seperti tepung diberi air, dan ada 2 biji yang keluar namun tersambung seperti tali transparan. Fotonya juga masih saya simpan.

    Di hari yang sama saya sampai tukar pembalut 5 kali dan +- 3 kali gumpalan darah keluar. Dihari ke 2 dan 3 biasa saja seperti darah haid.

    Pada hari ke 4 saya melakukan aktifitas yang mengharuskan saya untuk berlari dan push up ( tuntutan latihan ), lalu perut saya kram namun hanya sebentar, ketika saya cek ke wc ternyata keluar gumpalan yang berbeda seperti lapisan bening susu dengan campuran darah , dan terjadi juga 2 kali pada hari itu.hari ke 5 juga keluar seperti itu namun hanya 1 kali.

    Apakah itu tanda keguguran dok? Karena nyeri payudara saya sudah tidak ada, dan juga selera makan saya sudah kembali normal,biasanya mual kalau makan nasi biasa.

    Sekarang hari ke 6 dan saya masih seperti haid. Kata teman saya saya belum keguguran karena janin nya tidak nampak keluar, namun pada usia tersebut apakah tanda keguguran memang seperti janin atau gumpalan darah dan gumpalan putih susu seperti tepung tadi.

    Dan yang heran nya adalah saya tidak merasakan tegangan tegangan  lagi seperti saat sebelum pendarahan. Untuk USG saya belum bisa karena dana yang besar seperti itu belum terkumpul.

    Apakah ciri ciri yang saya utara kan diatas menandakan saya sudah keguguran ? Walaupun belum ada janin yang jelas.

    Saya baca artikel tentang itu dan ada yang bilang saya keguguran ,namun ada yang bilang belum karena janin belum keluar. Tolong bantu saya dok. Saya belum bis USG seperti yang disarankan. Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    • Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan.
    • Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    • Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    • Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    • Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan kondisi yang anda alami karena keguguran atau tidak perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik (pemeriksaan dalam rahim) maupun dengan USG.

    Jika anda belum mampu USG, setidaknya pemeriksaan fisik harus dilakukan untuk memastikan mulut rahim anda terbuka atau tidak serta ada tidaknya jaringan konsepsi yang keluar.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Keguguran Setelah Pendarahan Selama 6 Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.